BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sesuai
kebijakan pemerintah, dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional bekerja sama
dengan Departemen Tenaga Kerja serta Departemen Perindustrian dan Perdagangan,
tentang pendekatan pendidikan kejuruan yang sesuai dengan kenbutuhan tuntutan
usaha industri tentang ketenaga kerjaan maka dilaksanakan pola pendidikan sitem
ganda (PSG) sebagai pola utama penyelenggaraan kurikulum sekolah menengah
kejuruan yang secara langsuang ataupun tidak langsung menyiapkan tenaga kerja
menengah yang propfesional sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.
Memperhatikan
pertimbangan dunia industri dan dunia perdagangan global dimana pada tahun 2008
Indonesia akan menerapkan kebijakan perdagangan global atau bebas tentu harus
dipersiapkan sumber daya manusia yang tangguh baik jasmani dan rohaninya serta
memiliki kemampuan profesionalisme dengan meningkatkan mutu pendidikan sesuai
kebutuhan dimasa yang akan datang.
Peningkatan
SDM dan dunia pendidikan memiliki revansi yang erat dalam menunjang
perkembangan perekonomian nasional. Dalam perkembangnnya perlu transformasi
kondisi dan orientasi pada pradigma baru, bahwa dunia pendidikan, terutama
pendidikan kejuruan, dan dunia industri secara sistematik adalah satu kesatuan
yang utuh dan mantap, antara keduanya terdapat interaksi kebutuhannya yang
saling menunjang, keserasian, kesepadanan, dan keseimbangan. Salah satu wujud aktual
pada pelaksanaan praktek kerja industri atau praktek kerja lapangan merupakan
dasar yang kuat dalam pelaksanaan program pendidikan sistem ganda (PSG).
1.2 Identifikasi Masalah
Dalam penyusunan laporan ini penulis
mengidentifikasi beberapa masalah tentang memperbaiki power supply
1. Apa
yang dimaksud dengan power supply
2. Bagaimana
cara memperbaiki power supply
1.3 Batasan Masalah
Agar masalah diatas dapat diidentifikasi dengan
jelas dan luas permasalahan mengenai memperbaiki power supply maka penulis
merangkum batasan masalah sebagai berikut.
1. Pengertian
power supply
2. Cara
memperbaiki power supply
1.4 Landasan Masalah
Undang-Undang sistem Pendidikan
Nasional (UU Sisdiknas) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan
penjelasan pasal (15) yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan
pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja
dibudang tertentu.
Dalam p-elaksanaan Praktik Kerja
Industri (Prakerin) didasarkan pada ketentuan-ketentuan yang tentang dalam UU
No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, Kepmen Pendidikan dan Kebudayaan No.
323/U/1997 tentang Penyelenggaraan Prakerin SMK, PP No.29 tahun 1990 tentang
tentang Pendidikan Menengah, Kepmen Pendidikan dan Kebudayaan No. 080/U1993
tentang kurikulum SMK (UNES.2006:126).
1.5 Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan Prakerin adalah
sebagai brikut:
1.5.1
mengingatkan, memantapkan dan memperluas
wawasan dan pengetahuan yang diperoleh selama kegiatan belajar di kelas guna
membentuk kemampuan siswa sebagai bekala untuk memasuki dunia kerja yang
sebenarnya sesuai dengan program keahlian yang dipilihnya.
1.5.2
Menumbuh kembangkan serta membina sikap
professional yang diperlukan untuk memasuki dunia lapangan kerja yang sesuai
dengan program keahlian yang dipilihnya.
1.5.3
Meningkatkan kemampuan dan pengenalan
siswa pada aspek-aspek usaha potensial dalam lapangan kerja seperti; struktur
organisasi usaha, asosiasi usaha, jenjang karier, manajemen usaha, pelayanan
usaha, operasi produksi (baik jasa maupun barang dll.)
1.5.4
Memberikan kesempatan pada siswa untuk
memasyarakatkan diri pada suasana kerja, sebagai pekerja/karyawan, usaha
mandiri(wirausaha) yang berkaitan dengan disiplin ilmunya.
1.5.5
Meningkatkan dan memanfaatkan kemampuan
siswa dalam penyerapan teknologi baru di lapangan kerja industri ke sekolah
maupun sebaliknya.
1.6 Manfaat Praktek Kerja Industri
1.6.1
Manfaat Untuk Siswa:
1. untuk
penambahan wawasan.
2. Untuk
menambah penglaman.
3. Untuk
mengenal lebih dalam dunia industri
1.6.2
Manfaat Untuk Sekolah:
1.
Untuk menjalin hubungan yang baik dan berkesinambungan antara dunia industri.
2.
Untuk menerapkan materi yang dipelajari di dunia industri.
3.
Untuk memperkenalkan sekolah dan kebudayaan penyaluran alumni.
1.6.3 Manfaat Untuk Industri
1.
Memberikan tambahan tenaga kerja untuk sementara waktu.
2.
mempermudah pekerjaan.
3.
Bisa memberikan keuntungan lebih
1.7 Metodelogi
1.7.1
Studi
Kepustakaan
Study
kepustakaan ini dilakukan dengan cara membaca, mempelajari buku-buku, materi
pokok isi bahasan melalui Meirnet yang berhubungan dengan memperbaiki power
supply.
1.7.2
Observasi
Observasi penulisan yaitu terjun
langsung dengan cara melakukan praktik kerja industri (Prakerin) di Family
Computer Bandung dan wawancara langsung dengan teknisi yang berada di lapangan.
1.8 Sistematika Penulisan
Pembahasan dan
penulisan hasil praktik kerja industri ini terdiri atas 4 (empat) buah yaitu:
BAB I
Pendahuluan, Bab ini membahasa tentang latar belakang, identifikasi masalah,
batasan masalah, maksud dan tujuan, tujuan pembuatan laporan, manfaat praktik
kerja industri, metodelogi penelitiandan sistematika penulisan.
BAB II Landasan
teori pada Bab ini membahas tentang teori-teori yang mendukung terhadap
memperbaiki power supply.
BAB III
Pengertian power Supply pada Bab ini membahas tentang memperbaiki power supply,
memperbaiki mother boart, pengertian hardisk, jenis-jenis hardisk, pengertian
monitor, power supply unit, jenis-jenis power supply unit,
BAB IV Penutup,
pada Bab ini penulis memberikan kesimpulan dan saran yang telah bahas.
BAB
2
LANDASAN
TEORI
1.
Sejarah
Komputer
Komputer adalah
alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan.
Kata komputer semula digunakan untuk menggambarkan orang ysng pekerjaanya
melakukan penghitung aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata
ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan
informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi
komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan
aritmetika.
Secara
luas, Komputer dapat dideinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang
terdiri dari beberapa komponen, yang dapat berkerja sama antara komponen satu
dengan yang lain untuk menghasilkan suatu imformasi berdasarkan program sdan
dta yang ada. Adapun komponen komputer meliputi : Layar monitor, CPU, Keyboard,
Mouse dan printer ( sebagai pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat
melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar
monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam
definisi seperti itu terdapt alt seperti slide rule, jenis kakulatormekanik
mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua Komputer elktronik yang
komputer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti las seperti “komputer “
adalah “ yang memproses impormasi” atau “sistem pengolah impormasi”
Saat ini,
komputer sudah semakibn canggilh. Tetapi, sebelumnya komputer tidak kecil,
secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5
generasi dalam sejarah Komputer.
Generasi Komputer
Generasi Pertama
Dengan
terjadinya perang Dunia Kedua, negar-negar yang terlibat dalam perang tersebut
berusaha mengembangkan komputer ntuk mengeksploit potensi strategis yang di
miliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan perkembangan komputer serta
mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang
insinyur jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendisain pesawat terbang
dan pluru kendali.
Pihak
sekutu juga membuat kemajuan lain dari pengembangan kekuatan komputer. Tahun
1943, pihak Inggris menyelesaikan
komputer pemecah koderahasia yang dinamakan colossus untuk memecahkan kode
rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan colossus tidak terlalu
mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarnakan dua alasan. Pertama,
colossus bukan merupakan komputer serba guna (general-purpose komputer), ia
hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini
dijaga kerahasiaanya hingga satu decade setelah perang berakhir.
Usaha
yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan
lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan
IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy.kalkulator
tersebut berukuran panjang setengah lapang bola kaki dan memiliki rentang kabel
sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic sequence controlled calculator,
atau mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal
elektromagnetik untuk menggerakan komponen mekanik. Mesin tersebut beroprasi
dengan lambat ( ia membutuhkan 3-5 detik untuk siap perhitungan) dan tidak
fleksibel ( urutan kalkulasi tidak dapt di ubah ). Kalkulator tersebut dapat
melakukan penghitungan aritmetik persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer
lain pada masa kini adalah Electronik Numerical integrator and komputer
(ENIAC), yang di buat oleh antara kerja sama pemerintah Amerika Srikat dan
University of Pennsylvania. Terdirin dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor,
dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar
dan mengonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer ini dirancang
oleh John Presper Eckert (1919-1957) dan Jhon W. Mauchly (1907-1980), ENIAC
merupakan komputer serba guna (general porpose komputer) yang berkerja lebih
cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan
1940-an, John Von Neuman (1903-1957) bergabung dengan University of
Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer hingga 40 tahun
mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neuman mendesain Electronik
Discrete Variable Automatic Komputer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah
memori untuk menampung baik program maupun data. Teknik ini memungkinkan
komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaanya
kembali. Kunci utama arsitektur Von Neuman adalah sentral prosessing unit
(CPU), yang memungkinkan seluruh pungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui
satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic komputer I) yang
di buwat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang
memanfaatkan model arsitektur Von Neuman tersebut.
Baik badan sensus
Amirika Srikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu yang
mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC adalah keberhasilanya dalam memprediksi
kemenangan Dwilight D. Eisonhowerdalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer generasi
pertama di karakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara
spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode
biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machin language). Hal ini
menyebabkan komputer sulit deprogram danmembatasi kecepatanya. Cirri lain
komputer generasi pertama adalah pengguna tube vacuum (yang membuat komputer
padsa mesa tersebut berukuran besar) dan silinder magnetic untuk menyimpan
data.
Generasi
kedua
Pada tahun 1948,
penemuan transistor sangat mempengaruhu perkembangan komputer. Transistor
menggantikan tube vacuum di televise, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran
mesin-mesin elektrik berukuran drastis.
Transistor
mulai digunakan dalam computer pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa
pengembangan memori inti- magnetik membantu pengembangan computer generasi
kedua yang lebih kecil,lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat
energi di banding para pendahulunya. Mesin
pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah supercomputer. IBM
membuat supercomputer benama Stretch, dan Spery-Ran membuat computer bernama
LARC komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energy atom,
dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan
oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks
untuk kebutuhan kompleksi bisnis, sehingga membatasi kepopuleranya. Hanya ada
dua LARC yang pernah di pasang dan digunakan: satu di Lewrance Radiration labs
di Livermore, California, dan yang lainya di US Navy Research and Develovement
Center di Wasington D.C. Computer
Genersi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Baha assembli
adalah bahasa yang menggunakan bahasa singkatan-singkatan untuk menggantikan
kode biner.
Pada
awal 1960-an, mulai bermunculan computer generasi kedua yang sukses di bidang
bisnism, di universitas, dan di pemerintahan. Computer-komputer generasi kedua
ini merupakan computer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga
memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikandengan computer pada saat
ini; printer, penyimpanan dalam disket,memory,sisitem operasi, dan program.
Salah
satu contoh penting pada masa ini adalah 1401 yang diterima luas di kalangan
industri. Pada tahun 1965, hamper seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan
computer generasi kedua untuk memproses imformasi keuangan.
Program
yang tersimpan didalam computer dan bahasa pemograman yang ada didalamnya
memberikan fleksibilitas kepad computer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja
dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, computer
dapat mencetak faktor pembelian konsumen dan kemudian menjalankan produk dan
kemudian menjalankan disain produk atau menhitung daftar gaji. Berbagai bahasa
pemograman bermunculan pada saat itu. Bahasa pemogramn Common Business-Oriented
Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa
pemograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat,
dan formula metematika yang lebih mudah dipahami manusia. Hal ini memudahkan
seseorang untuk memprogram dan mengatur computer. Berbagai macam karier baru
bermunculan (programmer analisis sistem, dan ahli sistem computer). Industri
piranti lunak juga mulai bermuculan dan berkembang pada masa computer generasi
kedua ini.
Generasi
ketiga
Walaupun
transistor dalam banyak hal mengungguli
tube vacum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat
berpotensi merusak bagian-bagian internal computer. Batu kuarsa (quartz rock)
menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur Texas Instrumen,
mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: intergrated circuit) pada tahun 1958.
IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon
kecil yang tebuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuan kemudian berhasil memasukan
lebih banyak komponen-komponen kedalam suatu chip tunggal yang disebut
semikonduktor. Hasilnya, computer semakin kerna komponon-komponen dapat
dipadatkan dalam chip. Kemajuan computer generasi ketiga lainya dalah
penggunaan sistem operasi (operating sistem) yang memungkinkan mesin untuk
menjalankan program yang berbeda secara serentak dengan program utama yang memonitor
dan mengkoordinasi memori computer.g
Generasi
keempat
Setelah
IC, tujuaan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan
komponen-komponen elektrik Large Scale Integration (LSI) dalam memuat ratusan
komponen dalam ratusan chip. Pada tahun 1980-an Very Large Scale Integration
(VLSI) memuat komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large
Scale Intregration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.
Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam satu keeping yang
berukuran setengah keeping uang logam mendorong turunya harga dan ukuran
computer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan
computer. Chip intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pad IC
dengan meletakan seluruh komponen dari sebuah computer (central processing
unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.
Sebelumnya IC dibuat untuk mengerjakan tugas tertentu yang spesifik. Sekarang,
sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi
semua kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah
tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan elektronik fuel
injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan
yang demikian memungkinkan orang-orang bias untuk menggunakan computer biasa.
Computer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga
pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit computer menawarkan produk
computer mereka ke masyarakat umum.
Computer-computer ini, yang disebut mini
computer, dijual dengan paket piranti lunak yangf lebih mudah digunakan oleh
kalangan awam. Piranti lunak yang paling popular pada saat itu adalah program
word Processing spredsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600
menarik perhatian konsumen pada computer rumahan yang lebih canggih dan dapat
deprogram.
Pada
tahun 1981, IMB memperkenelkan penggunaan personal computer (PC) untuk pengguna
dirumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5
unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 PC digunakan. Computer
melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari computer yang
berada diatas meja (desktop computer) menjadi computer yang dapat dimasukan
kedalam tas (laptop), atau bahkan computer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM
PC bersaing dengan Aplle Macintosh dalam emperebutkan pasar computer. Apple
Macintosh menjadi terkenal karna mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingan masih
menggunakan berbasis teks. Machintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti
mouse.
Pada
masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM Compatible dengan pemakaian CPU:
IBM PC/486, Pentium, Pentium I, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial
dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon,dsb. Ini semua masuk
dalam computer generasi keempat.
Seiring
dengan menjamurnya penggunaan computer ditempat kerja, cara-cara baru untuk
menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu
computer kecil, computer-komputer tersebut dapat dihubungkana secara bersamaan
dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, imformasi, dan
juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainya. Jaringan
computer memungkinkan computer tunggal untuk membentuk kerja sama elektronik
untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan digunakan pengkabalan langsung (
disebut juga Local Area Network. atau LAN), atau kaberl telpon, jaringan ini dapat
berkembang menjadi sangat besar.
Generasi kelima
Mendefinisikan computer generasi
kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh
imajinatif computer generasi kelima adalah computer fiksi HAL 9000 dari novel
karya Arthur C. Clarke berjudul 2001 : Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh
fungsi yang diinginkan dari srebuah computer generasi kelima. Dengan kecerdasan
buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk
melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar
dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000
Masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi – fungs yang dimilikinya sudah
terwujud. Beberapa computer dapat menerima intruksi secara lisan dan mampu
meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi
mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh
lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian
manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian dalam menterjemahkan kata – kata secara langsung.
Banyak kemajuan dibidang desain
computer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan computer generasi
kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan
paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan
diganti dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU yang dapat
bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi super koonduktor yang
memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat
mempercapat informasi.
Jepang adalah Negara yang terkenal
dalam sosialisasi jargon dan proyek computer generasi kelima. Lembaga ICOT (
Institute For New Computer Technology )
juuga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan
bahwa proyek ini telah gagal, namun informasi lain bahwa keberhasilan proyek
computer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigm komputerisasi
di dunia.
2.2 Jenis – Jenis Komputer
Komputer telah merambah keberbagai sektor dalam
kehidupan kita, tidak saja digunakan oleh orang kantoran, akademisi, spasi,
anak – anakpun sudah terbiasa dengan computer ini. Secara sederhana, computer
dapat kita definisikan sebagai prangkat elektronik yang menerima input ( dapat berupa input dari keuybord, mouse,
sidik jari, retina mata, dan lain-lain) kemudian diproses oleh procesornya dan
ditampilkan melalui monitor atau dalam bentuk hardcopy ( printer ). Bayak
sekali criteria yang melekat pada computer, berikut ini kita bahas 8 macam
jenis computer.
PC
atau Personal computer
Sesuai
dengan namanya personal computer, maka PC adalah computer yang ditujukan untuk
pemakaian satu orang atau dimiliki secara pribadi. Sebelum PC ini muncul,
computer dahuklunya berwujud sangat besar, sehingga hanya dimiliki oleh
prusahaan tertentu saja. PC pertama bernama Altair yang diperoduksi ole
MITS pada tahun 1975.
1.
Computer Desktop
Yaitu computer yang dirancang untuk tidak dapat
pindah – dipindahkan, atau khusus dirancang untuk diletakan disuatu tempat
seperti diatas meja kerja. Computer ini sangat banyak beredar dipasaran,
terutama dikalangan perguruan tinggi, kantor dan perusahaan.
2.
Laptop
Dahulu istilah laptop berbeda dengan notebook
ditinjau darisegi ukuran, namun sekarang laptop atau notebook mengacu ke maksud
yang sama, yaitu computer portable ( mudah dibawa – bawa ) yang terintegrasi
langsung dengan monitor, keyboard, mouse pad/trackball, prosesor, hadrdisk,
memory dan peripheral lainnya dengan ukuran yang kecil dan ringan. Kemampuannya
bahkan melebihi computer desktop maupun PC.
3.
PDA, Personal Digital Assistants
PDA adalah computer canggih yang menggunakan flash
memory sebagai pengganti media penyimpanan.PDA tidak memiliki keyboard, namun
menggunakan technology layar sentuh (touchscreen) sebagai media input. PDA mempunya
ukuran yang sangat kecil, sedikit diatas ukuran handphone dan dapat dengan
mudah dibawa kemana – mana.
4.
Computer Workstation
Workstation sebenarnya adalah komuter desktop yang
memiliki kelebihan utama dalam hal kemampuan prosesor, memory yang besar, dan
kemampuannya dalam menjalankan aplikasi – aplikasi yang membutuhkan performa
yang tinggi, seperti 3 dimensi, grafik, multimedia dan sebagainya.
5.
Computer Server
Server adalah computer diperuntukan untuk
menyediakan layanan terhadap computer lainnya ( client ) dalam sebuah jaringan.
Computer server memiliki prosesor yang powerfull, memory yang besar dan
kapasitas harddisk yang lebih besar.
6.
Computer Mainframe
Adalah dengan ukuran besar yang mampu melayani
ratusan program aflikasi secara bersamaan, mendukung puluhan bahasa pmograman
yang berbeda, mampu menyimpan dan mengakses library rutin dengan kapasitas yang
besar, mampu melayani ratusan transaksi secara bersaan, bahkan lebih kelebihan
lainnya. Computer ini biasanya berfungsi sebagai pusat data pada prusahaan
besar. Namun dengan perkembangan zaman, computer-komputer terbaru secara
terhadsap akan mampu menyaingi kelebihan dari computer mainframe ini. Untuk
ukuran yang sedang disebut dengan mini computer dan ukuran lebih kecil disebut
dengan mikro computer.
7.
Wearable computer
Wearable computer adalah perkembangan terbaru dalam
bidang computer, yaitu prangkat computer menyatu seperti layaknya layanan saja.
Aplikasi – aplikasi yang biasa digunakan seperti email, database, multimedia,
kalender terintegrasi langsung dengan jam tangan, handphone atau dalam bentuk
lainnya. Sehingga perangkat computer sudah menytu dalam kehidupan kita sehari –
hari.
2.3 Sejarah Internet
Internet merupakan singkatan dari intercconected
network. Internet adalah kemampuan yang terhubung satu sama yang lain dalam
sebuah jaringan internet yang pada saat itu disebut dengan ARPANET, pertama
kali online pada tahun 1969, pada tahun 1971 the network working group
menyelesaikan protocol yang digunakan untuk mengakses sebuah computer dari
jarak jauh. Pada tahun1972 RAY TOMLISON dari BBN menulis program yang dapat
mengirimkan surat secara elektronik melalui ARPANET.
Pada
Tahun 1990 ARPANET resmi di tutup, pada tahun 1993 di kembangkan aplikasi
browsing yang di sebut mosak oleh MARA ADREESEN bersama timnya di National
Centre Of Super Computing Applications (NCSA).
Internet pertama kali ditemukan di Amerika.
2.4 Alat-Alat
service
Alat – alat service yang digunakan adalah
2.1.1
Avometer
2.1.2
Timah
2.1.3
Solder
2.1.4
Obeng
2.1.5
Tang
2.1.6
Hotair
2.1.7
Penyedot timah
2.1.8
Pembersih debu
2.1.9
Arpus
BAB III
PENGERTIAN POWER
SUPPLY
3.1
Pengertian powersupply dan motherboard
Power Supply dalam komponen elektronika adalah perangkat keras yang
berfungsi menyuplai tegangan langsung ke dalam komponen komputer, seperti
hardisk, motherboard, DVD Drive, kipas dan komponen komputer lainnya. Power
supply merupakan jantung dari sebuah komputer, karena semua sumber daya listrik
dari komponen komputer disupply dari power supply.
Power Supply sendiri berfungsi sebagai pengubah dari
tegangan listrik AC (Alternating Current) menjadi tegangan (Direct
Current), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC.
Power supply pada umumnya berupa kotak yang diletakan dibagian belakang atas
casing. Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh
dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.
Daya power supply berkisar 150 watt sampai 350
watt. Untuk daya 150 watt sudah jarang dijumpai karena hanya digunakan
untuk komputer yang sederhana tanpa banyak komponen tambahan. Sedangkan
jika dalam sebuah komputer yang memiliki beberapa banyak komponen misal:
CD-ROM, CD-RW, dan menggunakan banyak hard disk direkomendasikan menggunakan
power supply 300 watt atau lebih besar.
Power Supply
Komputer mempunyai banyak konektor yang terdiri dari konektor 20 pin
ATX , konektor 24 pin ATX, konektor floppy, konektor Aux dan konektor
SATA. Pengertian power
supply perlu
di lakukan perawatan, cara merawat power supply adalah dengan
memperhatikan kelancaran fan pada power supply. Karena fan power supply yang
mampu mengurangi panas.
Dibawah ini penjelasan tentang
fungsi dari masing-masing konektor pengertian power supply :
1. Konektor 20 pin ATX
Konektor ini dihubungkan dari Power
Supply (PSU) ke Mainboard, sebagai penyedia daya dari Power Supply ke Mainboard
untuk di alirkan ke komponen-kompnen komputer lainnya.
2. Konektor 24 pin ATX
Konektor ini sebenarnya berfungsi
sama dengan Konektor 20 pin, yag membedakan hanya terdapat tambahan konektor 4
pin. Konektor 24 pin ATX biasanya ditemukan di komputer-komputer yang versi
terbaru.
3. Konektor floppy
Konektor ini berfungsi sebagai
penyedia daya dari Power Supply menuju Floppy Drive.
4. Molex Connector
IDE
Konektor ini berfungsi sebagai pemasok dan penyedia catu daya dari pengertian
Power Supply (PSU) menuju Harddisk maupun CD-ROM, ini merupakan konektor jenis
lama.
5. Konektor SATA
Konektor ini merupakan konektor yang
mempunyai fungsi sama dengan konektor Molex, yang membedakannya ini merupakan
konektor versi terbaru untuk Harddisk dan CD-ROM yang terbaru pula.
Fungsi PSU
Dalam komponen komputer sangat
vital, karena power supply merupakan pembagi arus untuk semua perangkat
khususnya motherboard. Power Supply berfungsi untuk mengubah
tegangan dari arus AC menjadi tegangan DC, itu di karenakan hardware di dalam
komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC.
Pengertian dari power supply adalah
sebuah perangkat yang terdapat di dalam CPU yang berfungsi untuk menyalurkan
arus listrik ke berbagai peralatan komputer. Fungsi power supply yang kurang baik/rusak dapat
menghasilkan tegangan DC yang tidak rata dan banyak riaknya
(ripple). Jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama akan menyebabkan
kerusakan pada komponen computer, misalnya Harddisk.
Cara kerja power
supply tidaklah sesulit yang kita lihat, kita hanya cukup menekan
tombol power pada casing, yang terjadi adalah power supply akan melakukan cek
dan tes sebelum membiarkan sistem start. Jika tes telah sukses, power
supply mengirim sinyal khusus pada motherboard, yang disebut power good.
Jenis
konektor kabel power supply :
1. Konektor 20/24 pin ATX Motherboard
2. Konektor 4 pin peripheral power
(untuk periferal seperti Hardisk, CD-ROM, Kipas)
3. Konektor 4/8 pin 12V (untuk
motherboard server)
4. Konektor 6-pin PCIe (untuk kartu
grafis jenis PCIe)
5. Konektor floppy (untuk floppydisk
drive)
6. Konektor SATA (untuk hardisk /
optical drive berjenis sata)
Jenis Power Supply terbagi menjadi 2 macam, yaitu power
supply jenis AT dan power supply jenis ATX. Masing-masing dari power supply ini
memiliki kegunaan dan fungsi power supply yang bermacam-macam.
Power supply AT merupakan power supply yang tombol ON/OFF
terhubung langsung dengan tombol casing. Jika kita ingin menghidupkan atau
mematikan komputer, kita harus menekan tombol power yang ada pada bagian
depan casing. Power Supply AT memiliki kabel power yang dihubungkan ke
motherboard terpisah menjadi dua konektor power (P8 dan P9). Fungsi power
supply jenis ini hanya digunakan sebatas pada era komputer pentium II.
Power
Supply ATX adalah jenis power supply jenis terbaru dan paling banyak
digunakan saat ini. Perbedaan dari power supply jenis AT dan ATX yaitu pada
tombol powernya jika power supply AT menggunakan Switch dan ATX
menggunakan tombol untuk mengirikan sinyal ke motherboard seperti tombol power
pada keyboard.
3.2 Cara memperbaiki power supply
Cara Memperbaiki
Power Supply adalah :
3.2.1 periksa kapasitor, jika kapasitor lemah
atau cembung akan menyebabkan power supply tidak ngangkat ke motherboard atau
ngerestar;
3.2.2 cara
memperbaikinya ganti kapasitor dengan yang baru atau yang masih bagus;
3.2.3 power supply yang tidak mengangkat atau mati
total, priksa mosfet atau transistor juga regulator.
3.3 Cara Memperbaiki Motherboard
Cara
memperbaiki motherboard yang mati total adalah :
3.3.1 Cek power supply yang alurnya menuju
motherboard apakah sudah terpasang dengan benar, jika benar berarti power
supply jelek, jika power supply bagus berarti ada masalah dalam motherboard,
cek kapasitor diode, mosfet, jangan lupa cek chipset pada motherboard apakah
panas berlebihan jangan lupa juga cek posisi
jumper pada CIMOS, apakah posisinya normal atau clear.
3.3.2 Nyala ada suara beef : cek RAM bermasalah,
VGA bermasalah, BIOS bermasalah, PROCESOR bermasalah, cek satu persatu
tergantung suara beef nya.
3.3.3 Nyala tidak ada suara : permasalahan ada pada
chipset, RAM tidak cocok atau procesor mati.
3.4 Hardisk
Hardisk merupakan peralatan memory yang digunakan
untuk menyimpan data berkapasitas besar, sehingga disebut juga secondary
memory. Di samping itu, berfungsi juga sebagai pendukung computer pada
pekerjaan primary memory
Hardisk diperkenalkan tahun 1956
oleh IBM dengan nama 305 RAMAC, memiliki kapasitas memory 5 MB dengan ukuran
fisik yang berat dan besar. Selanjutnya, jenisnya berevolusi sehingga memiliki
kapasitas 10 MB, 290 MB, 450 MB, Dan 900MB. Dengan kecepatan processor dan
memory RAM yan semakin tinggi, kapasitas dan kecepatan hardisk dituntut untuk
lebih tinggi pula.
3.5 Jenis
– jenis hardisk
Jenis – jenis hardisk yaitu :
1.
HARDDISK TIPE
IDE/P-ATA
Harddisk tipe
IDE ( integrate advance device electronic ) atau disebu jaga dengan tipe P-ATA
( parallel advanced technology attachment ) menggunakan port IDE. Harddisk tipe
ini mempunyai standar kecepatan transfer data sebesar 133 Nb perdetik.
2.
HARDDISK TIPE
SATA
Harddisk tipe
SATA ( seriall advanced technology attachment ) menggunakan port SATA. Harddisk
tipe ini mempunyai setandar kecepatan data sebesar 150 Mb per detiknya.
3.
HARDDISK TIPE
SCSI
Pada hardisk
tipe CSSI ( small computer sistem interface ), ada penambahan kartu untuk
controller pengolah data, yaitu kartu.
3.6
Monitor
Monitor
merupakan peralatan output yang berfungsi menampilkan hasil proses yang
dilakukan computer, yaitu berupa gambar teks dengan pola warna-warna yang
ditampilkan pada suatu layar terdapat 2 jenis monitor yaitu:
3.6.1
Jenis CRT
(Cathode Ray Tube)
Merupakan jenis
yang paling dikenal. Bentuknya klasik dan table karena menggunakan tabung
seperti pesawat TV biasa.
3.6.2
Monitor Jenis
LCD (Liquid Crystal Display)
Monitor jenis
ini bentuknya tipios dan tidak menggunakan tabung sehingga menghemat tempat.
Namun, harganya masih sangat mahal.
3.7
Power Supply Unit
Computer
membutuhkan sumber daya listrik yang cukup besar untukperangkat keras, seperti
prcesor dengan kecepatan di atas 2 Ghz media optic CD-ROOM, CD Writer,
DVD-ROOM, DVD Writer, hardisk di atas 40 GB, memori di atas 128 MB, grapihics
card modem, dan soun card. Ileh karena itu, di perlukan power supply unit (SPU)
dengan daya minimal 350 watt. Jika dayanya kurang akan terjadi kasus infinitive
loop pada arus listrik. Misalmya, computer menjadi hang crash, atau restart
dengan sendirinya. Oleh karena itu, jika daya PSU masih di bawah 3000 watt maka
perlu meng-upgadenya dengan daya yang lebih tinggi.
3.8
Jenis Power Supply unit
Berdasarkan
jenis operasinya, PSU dibagi menjadi dua bagian seperti berikut.
1.
PSU tipe AT,
menggunakan peralatan-peralatan interface 12 pin
2.
PSU tipe ATX,
menggunakan peralatan Interface 20 pin.
JENIS KABEL PSU ATX
No
|
Warna
|
Voltage Output
|
Ampere
|
1
|
Orange
|
3,3
|
12
|
2
|
Merah
|
5
|
20
|
3
|
Kuning
|
12
|
9
|
4
|
Ungu
|
5
sb
|
1
|
5
|
Putih
|
-5
|
0,5
|
6
|
Biru
|
-12
|
0,5
|
7
|
Hujau
|
PS-On
|
|
8
|
Abu-abu
|
P.
Ground
|
|
9
|
Hitam
|
0
|
|
JENIS KABEL PSU AT
No
|
Warna
|
Voltage
|
1
|
Orange
|
Power
On
|
2
|
Merah
|
5
v DC
|
3
|
Kuning
|
12v
DC
|
4
|
Biru
|
12
DC
|
5
|
Hitam
|
Ground
|
6
|
Hitam
|
Ground
|
7
|
Hitam
|
Ground
|
8
|
Hitam
|
5 v DC
|
9
|
Putih
|
5 v DC
|
10
|
Merah
|
5 v DC
|
11
|
Merah
|
5 v DC
|
12
|
Merah
|
5 v DC
|
Socket power supply AT. dan socket power supply ATX
1
|
|
Orange
|
|
Orange
|
|
11
|
1
|
Orange
|
2
|
|
Merah
|
|
Biru
|
|
12
|
2
|
Orange
|
3
|
|
Kuning
|
|
Hijau
|
|
13
|
3
|
Hitam
|
4
|
|
Biru
|
|
Hijau
|
|
14
|
4
|
Merah
|
5
|
|
Hitam
|
|
Hitam
|
|
15
|
5
|
Merah
|
6
|
|
Hitam
|
|
Hitam
|
|
16
|
6
|
Merah
|
7
|
|
Hitam
|
|
Hitam
|
|
17
|
7
|
Hitam
|
8
|
|
Hitam
|
|
Putih
|
|
18
|
8
|
Abu-abu
|
9
|
|
Putih
|
|
Merah
|
|
19
|
9
|
Ungu
|
10
|
|
Merah
|
|
Merah
|
|
20
|
20
|
Kuning
|
11
|
|
Merah
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
Merah
|
|
|
|
|
|
|
BAB IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan dan Saran
Berdasarkan pada uraian di atas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
4.1.1 Kesimpulan
a.
Computer adalah
alat yang digunakan untuk mengolah data menmurut perintah yang telah
dirumuskan.
b.
komputer dapat
didevinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa
komponen yang dapat bekerja sama komponen satu dengan yang lainnya untuk
menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada
c.
Internet adalah
singkatan dari Inter Conection Network
d. Power Supply
adalah perangkat keras yang
berfungsi menyuplai tegangan langsung ke dalam komponen komputer, dan berfungsi
sebagai pengubah dari tegangan listrik AC (Alternating Current) menjadi
tegangan (Direct Current), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi
dengan arus DC. Power supply pada umumnya berupa kotak yang diletakan dibagian
belakang atas casing. Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply
ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.
4.2 Saran
Berdasarkan kesimpulan
di atas diberika saran sebagai berikut:
4.2.1
Saran Untuk Perusahaan
a.
Perlengkapan dan
Sarana toko yang sudah ada hendaknya dipelihara dan dirawat serta digunakan
sebaik-baiknya.
b.
Pertahankan
kenyamanan dan kebersihan ruang kerja di lingkungan toko
c.
Tingkatkan
Wawasan Sumber Daya Manusia
4.2.2 Saran Untuk Siswa
Diharapkan untuk
pelaksanaan PKL pada tahun berikutnya, siswa mampu menerapkan apa yang telah
didapat selama mengikuti Pralerin.
4.2.3 Saran Untuk Sekolah
a. Tingkatkan sarana dan prasarana
b. untuk pelaksanan prakerin tetap berlanjut.
GAMBAR
POWER SUPPLY
DAFTAR PUSTAKA
http://iwansantosa.files.wordpress.com/2009/04/presentasi-sistemkomputer.
CARA
MEMPERBAIKI POWER SUPPLY
DI
TOKO FAMILY COMPUTER
LAPORAN
PRAKTIK KERJA
Diajukan Untuk
Memenuhi Salah Satu
Syarat Dalam Pelaksanaan Praktik Kerja
Industri (Prakerun) Pada Jurusan Teknik Elektro
Di Sekolah Menengah Kejuruan Al-pusaka
Oleh :
Great master
NISN :000000
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN AL-PUSAKA
BIDANG KEAHLIAN
ELEKTRONIK
KOPETENSI
KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO
2013
DAFTAR
ISI
Halaman
Daftar Isi…………………………………………………………………. i
Kata
Pengantar…………………………………………………………. iii
BAB I Pendahuluan………………………………………………………1
1.1 Latar
Belakang………..……………………………………….2
1.2 Identifikasi
Masalah…………..……………………………….2
1.3 Batasan
Masalah………………………………………………2
1.4 Landasan Masalah………….…………………………………2
1.5 Maksud
dan Tujuan …………………………………………...3
1.6 Manfaat
Praktik Kerja industri…..……………………………3
1.6.1 Bagi Siswa………………………………………………3
1.6.2 Bagi Sekolah……………………….……………………4
1.6.3 Bagi Perusahaan…………………………………………4
1.7 Metodeologi………………………….………………………4
1.7.1
Study Kepustakaan………………………………………4
1.7.2
Observasi………………………………………………...4
1.8 Sistematika Penulisan………………………………………..5
BAB
II LANDASAN TEORI.......................................................................6
2.1
sejarah computer……………………………………………...6
2.2
Jenis-jenis computer…………………………..………………15
2.3
Sejarah Internet……………………………………………….17
2.4
Alat-alat Service………………………………………………18
BAB
III Pengertian Power
Supply................................................................19
|
3.2
Cara Memperbaiki Power Supply…………………………….22
3.3
Cara Memperbaiki Moder board……………………………...23
3.4
Hardisk………………………………………………………..23
3.5
Jenis-jenis Hardisk……………………………………………23
3.6
Monitor………………………………………………………..24
3.7
Power Supply Unit……………………………………………25
3.8
Jenis Power Supply Unit………………………………………25
BAB
IV Kesimpulan dan Saran…………………………………………..27
4.1
Kesimpulan…………………………………………………...27
4.2
Saran…………………………………………………………..28
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
|
||||
LEMBAR
PENGESAHAN SEKOLAH
Pembimbing I
putra
|
pada tanggal 2012
|
Pembimbinng 2
hermawan
|
Mengetahui
Kepala sekolah SMK AL-PUSAKA
Hs.
seeesssssssssssss, Sos.,S.Pd.I
MOTO
v Jangan
mudah putus asa dalam menghadapi tantangan
v Berusaha
untuk selalu ceria dan bahagia meskipun hati dan fikiran sedang diliputi
kesedihan
v Jangan
pernah berhenti untuk bermimp karena suatu hari nanti mimpi itu akan jadi nyata
dan membawamu ke gerbang kesuksesan
Kupersembahkan makalah
ini untuk ayahanda dan ibunda tercinta yang telah memberikan kasih saying yang
tulus padaku, Bapak Dan Ibu guru yang telah memberikan ilmu padaku serta
teman-teman yang telah mendorong semua ini sampai selesai.
KATA
PENGANTAR
Bismilahirohmanirohim
Puji
syukur penulis panjatkan kehadiat Allah SWT, bahwa atas karunia-Nya penulis
dapat menyelesaikan laporan PRAKERIN yang berjudul “Cara Memperbaiki Power
Supply”. Laporan ini diajukan untuk memenuhi salah satu syarat untuk memenuhi
UJIAN KOPETENSI KEJUJURAN.
Praktek
kerja industri (prakerin) merupakan salah satu program pendidikan sistim ganda
(PSG) dimana bagi sekolah menengah kejuruan (SMK) sudah menjadi keharusan agar
terdapat kesesuaian antara institusi sekolah bagi lembaga pendidikan agar
kebutuhan tenaga di dunia usaha/dunia industri (DU/DI) sebagai pasar kerja atau
lapangan kerja yang berkualitas dan professional.
Kami
melaksanaka prakerin di FAMILY COMPUTER Jalan A. Yani no.238 LT.II Blok-C JAYA
PLAZA dari tanggal 01 Oktober s.d. Desember 2012 sesuai jadwal yang disepakati
antara pihak sekolah dengan perusahaan penerima peserta prakerin.
Tidak lupa penulis
ucapkan terimakasih kepada semua rekan yang telah membantu baik moril maupun
materil, semoga amal kita dibalas oleh Allah SWT dengan berlipat ganda. Amin.
|
Tidak sedikit kesulitan
dan tantangan yang penulis hadapi selama menyelesaikan laporan ini, namun
berkat bantuan, dorongan dan doa dari berbagai pihakb pada akhirnya laporan ini
dapat diseleseaikan, untuk into penulis mengucapkan terimakasih kepada:
1.
Dedeng Saepul Malik, Sos.,S.Pd.I selaku
Kepala Sekolah SMK AL-PUSAKA
2.
Irwan, S.Pd selaku Wali Kelas
3.
Roisudin
4.
Seluruh guru dan staf SMK Al-pusaka
khususnya jurusan TAV yang telah memberikan ilmu dan wawasan kepada penulis
selama masa pendidikan
5.
Lala Nurmala, S.Pd selaku Pembimbing I
6.
Lina Marlina, S.Pd selakku Pembibing 2
7.
Seluruh staf FAMILY Computer dan seluruh
karyawan yang telah membantu untuk memberikan bimbingandalam melaksanakan
PRAKERIN dengan baik
8.
Keluarga tercinta yang telah memberikan
dorongan mori dan meteril kepada penulis
9.
Rekan pelajar TAV yang secara langsung
dan tidak langsung ikut membantu dalam menyelesaikan laporan ini.
|
Akhir
kata, semoga Allah SWT melimpahkan rahmat-Nya kepada semua pihak khususnya
kepada penulis, dan penulis menerima kritik dan saran atas laporan ini dan
semoga laporan ini akan bermanfaat bagi semua pihak yang memerlukan.
Subang, Februari 2013
Penulis
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar