Daftar Blog Saya

Kamis, 07 Februari 2013

laporan akhir prakerin cara memperbaiki power supply


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Sesuai kebijakan pemerintah, dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional bekerja sama dengan Departemen Tenaga Kerja serta Departemen Perindustrian dan Perdagangan, tentang pendekatan pendidikan kejuruan yang sesuai dengan kenbutuhan tuntutan usaha industri tentang ketenaga kerjaan maka dilaksanakan pola pendidikan sitem ganda (PSG) sebagai pola utama penyelenggaraan kurikulum sekolah menengah kejuruan yang secara langsuang ataupun tidak langsung menyiapkan tenaga kerja menengah yang propfesional sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.
Memperhatikan pertimbangan dunia industri dan dunia perdagangan global dimana pada tahun 2008 Indonesia akan menerapkan kebijakan perdagangan global atau bebas tentu harus dipersiapkan sumber daya manusia yang tangguh baik jasmani dan rohaninya serta memiliki kemampuan profesionalisme dengan meningkatkan mutu pendidikan sesuai kebutuhan dimasa yang akan datang.
Peningkatan SDM dan dunia pendidikan memiliki revansi yang erat dalam menunjang perkembangan perekonomian nasional. Dalam perkembangnnya perlu transformasi kondisi dan orientasi pada pradigma baru, bahwa dunia pendidikan, terutama pendidikan kejuruan, dan dunia industri secara sistematik adalah satu kesatuan yang utuh dan mantap, antara keduanya terdapat interaksi kebutuhannya yang saling menunjang, keserasian, kesepadanan, dan keseimbangan. Salah satu wujud aktual pada pelaksanaan praktek kerja industri atau praktek kerja lapangan merupakan dasar yang kuat dalam pelaksanaan program pendidikan sistem ganda (PSG).
1.2  Identifikasi Masalah
Dalam penyusunan laporan ini penulis mengidentifikasi beberapa masalah tentang memperbaiki power supply
1.      Apa yang dimaksud dengan power supply
2.      Bagaimana cara memperbaiki power supply

1.3  Batasan Masalah
Agar masalah diatas dapat diidentifikasi dengan jelas dan luas permasalahan mengenai memperbaiki power supply maka penulis merangkum batasan masalah sebagai berikut.
1.      Pengertian power supply
2.      Cara memperbaiki power supply

1.4  Landasan Masalah
Undang-Undang sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal (15) yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dibudang tertentu.
Dalam p-elaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) didasarkan pada ketentuan-ketentuan yang tentang dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, Kepmen Pendidikan dan Kebudayaan No. 323/U/1997 tentang Penyelenggaraan Prakerin SMK, PP No.29 tahun 1990 tentang tentang Pendidikan Menengah, Kepmen Pendidikan dan Kebudayaan No. 080/U1993 tentang kurikulum SMK (UNES.2006:126).

1.5  Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan Prakerin adalah sebagai brikut:
1.5.1        mengingatkan, memantapkan dan memperluas wawasan dan pengetahuan yang diperoleh selama kegiatan belajar di kelas guna membentuk kemampuan siswa sebagai bekala untuk memasuki dunia kerja yang sebenarnya sesuai dengan program keahlian yang dipilihnya.
1.5.2        Menumbuh kembangkan serta membina sikap professional yang diperlukan untuk memasuki dunia lapangan kerja yang sesuai dengan program keahlian yang dipilihnya.
1.5.3        Meningkatkan kemampuan dan pengenalan siswa pada aspek-aspek usaha potensial dalam lapangan kerja seperti; struktur organisasi usaha, asosiasi usaha, jenjang karier, manajemen usaha, pelayanan usaha, operasi produksi (baik jasa maupun barang dll.)
1.5.4        Memberikan kesempatan pada siswa untuk memasyarakatkan diri pada suasana kerja, sebagai pekerja/karyawan, usaha mandiri(wirausaha) yang berkaitan dengan disiplin ilmunya.
1.5.5        Meningkatkan dan memanfaatkan kemampuan siswa dalam penyerapan teknologi baru di lapangan kerja industri ke sekolah maupun sebaliknya.

1.6  Manfaat Praktek Kerja Industri
1.6.1 Manfaat Untuk Siswa:
1.      untuk penambahan wawasan.
2.      Untuk menambah penglaman.
3.      Untuk mengenal lebih dalam dunia industri
1.6.2 Manfaat Untuk Sekolah:
1. Untuk menjalin hubungan yang baik dan berkesinambungan antara dunia industri.
2. Untuk menerapkan materi yang dipelajari di dunia industri.
3. Untuk memperkenalkan sekolah dan kebudayaan penyaluran alumni.
1.6.3 Manfaat Untuk Industri
1. Memberikan tambahan tenaga kerja untuk sementara waktu.
2. mempermudah pekerjaan.
3. Bisa memberikan keuntungan lebih

1.7  Metodelogi
1.7.1   Studi Kepustakaan
Study kepustakaan ini dilakukan dengan cara membaca, mempelajari buku-buku, materi pokok isi bahasan melalui Meirnet yang berhubungan dengan memperbaiki power supply.
1.7.2        Observasi
Observasi penulisan yaitu terjun langsung dengan cara melakukan praktik kerja industri (Prakerin) di Family Computer Bandung dan wawancara langsung dengan teknisi yang berada di lapangan.



1.8  Sistematika Penulisan
Pembahasan dan penulisan hasil praktik kerja industri ini terdiri atas 4 (empat) buah yaitu:
BAB I Pendahuluan, Bab ini membahasa tentang latar belakang, identifikasi masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan, tujuan pembuatan laporan, manfaat praktik kerja industri, metodelogi penelitiandan sistematika penulisan.
BAB II Landasan teori pada Bab ini membahas tentang teori-teori yang mendukung terhadap memperbaiki power supply.
BAB III Pengertian power Supply pada Bab ini membahas tentang memperbaiki power supply, memperbaiki mother boart, pengertian hardisk, jenis-jenis hardisk, pengertian monitor, power supply unit, jenis-jenis power supply unit,
BAB IV Penutup, pada Bab ini penulis memberikan kesimpulan dan saran yang telah bahas.








BAB 2
LANDASAN TEORI


1.      Sejarah Komputer
     Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula digunakan untuk menggambarkan orang ysng pekerjaanya melakukan penghitung aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan aritmetika.
   Secara luas, Komputer dapat dideinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat berkerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu imformasi berdasarkan program sdan dta yang ada. Adapun komponen komputer meliputi : Layar monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan printer ( sebagai pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
      Dalam definisi seperti itu terdapt alt seperti slide rule, jenis kakulatormekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua Komputer elktronik yang komputer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti las seperti “komputer “ adalah “ yang memproses impormasi” atau “sistem pengolah impormasi”
      Saat ini, komputer sudah semakibn canggilh. Tetapi, sebelumnya komputer tidak kecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah Komputer.
Generasi Komputer
Generasi Pertama
            Dengan terjadinya perang Dunia Kedua, negar-negar yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer ntuk mengeksploit potensi strategis yang di miliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan perkembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan pluru kendali.
            Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dari pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris  menyelesaikan komputer pemecah koderahasia yang dinamakan colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarnakan dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serba guna (general-purpose komputer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaanya hingga satu decade setelah perang berakhir.
            Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy.kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapang bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic sequence controlled calculator, atau mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakan komponen mekanik. Mesin tersebut beroprasi dengan lambat ( ia membutuhkan 3-5 detik untuk siap perhitungan) dan tidak fleksibel ( urutan kalkulasi tidak dapt di ubah ). Kalkulator tersebut dapat melakukan penghitungan aritmetik persamaan yang lebih kompleks. 
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronik Numerical integrator and komputer (ENIAC), yang di buat oleh antara kerja sama pemerintah Amerika Srikat dan University of Pennsylvania. Terdirin dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar dan mengonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1957) dan Jhon W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serba guna (general porpose komputer) yang berkerja lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John Von Neuman (1903-1957) bergabung dengan University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neuman mendesain Electronik Discrete Variable Automatic Komputer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program maupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaanya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neuman adalah sentral prosessing unit (CPU), yang memungkinkan seluruh pungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic komputer I) yang di buwat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neuman tersebut.
Baik badan sensus Amirika Srikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu yang mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC adalah keberhasilanya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisonhowerdalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer generasi pertama di karakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machin language). Hal ini menyebabkan komputer sulit deprogram danmembatasi kecepatanya. Cirri lain komputer generasi pertama adalah pengguna tube vacuum (yang membuat komputer padsa mesa tersebut berukuran besar) dan silinder magnetic untuk menyimpan data.
Generasi kedua
            Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhu perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vacuum di televise, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berukuran drastis.
            Transistor mulai digunakan dalam computer pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti- magnetik membantu pengembangan computer generasi kedua yang lebih kecil,lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi di banding para pendahulunya. Mesin  pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah supercomputer. IBM membuat supercomputer benama Stretch, dan Spery-Ran membuat computer bernama LARC komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energy atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan kompleksi bisnis, sehingga membatasi kepopuleranya. Hanya ada dua LARC yang pernah di pasang dan digunakan: satu di Lewrance Radiration labs di Livermore, California, dan yang lainya di US Navy Research and Develovement Center di Wasington  D.C. Computer Genersi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Baha assembli adalah bahasa yang menggunakan bahasa singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.
            Pada awal 1960-an, mulai bermunculan computer generasi kedua yang sukses di bidang bisnism, di universitas, dan di pemerintahan. Computer-komputer generasi kedua ini merupakan computer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikandengan computer pada saat ini; printer, penyimpanan dalam disket,memory,sisitem operasi, dan program.
            Salah satu contoh penting pada masa ini adalah 1401 yang diterima luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hamper seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan computer generasi kedua untuk memproses imformasi keuangan.
            Program yang tersimpan didalam computer dan bahasa pemograman yang ada didalamnya memberikan fleksibilitas kepad computer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, computer dapat mencetak faktor pembelian konsumen dan kemudian menjalankan produk dan kemudian menjalankan disain produk atau menhitung daftar gaji. Berbagai bahasa pemograman bermunculan pada saat itu. Bahasa pemogramn Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula metematika yang lebih mudah dipahami manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur computer. Berbagai macam karier baru bermunculan (programmer analisis sistem, dan ahli sistem computer). Industri piranti lunak juga mulai bermuculan dan berkembang pada masa computer generasi kedua ini.
Generasi ketiga
            Walaupun transistor  dalam banyak hal mengungguli tube vacum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal computer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur Texas Instrumen, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: intergrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang tebuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuan kemudian berhasil memasukan lebih banyak komponen-komponen kedalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, computer semakin kerna komponon-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan computer generasi ketiga lainya dalah penggunaan sistem operasi (operating sistem) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan program yang berbeda secara serentak dengan program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori computer.g
Generasi keempat
            Setelah IC, tujuaan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik Large Scale Integration (LSI) dalam memuat ratusan komponen dalam ratusan chip. Pada tahun 1980-an Very Large Scale Integration (VLSI) memuat komponen dalam sebuah chip tunggal.
            Ultra-Large Scale Intregration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam satu keeping yang berukuran setengah keeping uang logam mendorong turunya harga dan ukuran computer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan computer. Chip intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pad IC dengan meletakan seluruh komponen dari sebuah computer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya IC dibuat untuk mengerjakan tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi semua kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan elektronik fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
            Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang bias untuk menggunakan computer biasa. Computer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit computer menawarkan produk computer mereka ke masyarakat umum.
Computer-computer ini, yang disebut mini computer, dijual dengan paket piranti lunak yangf lebih mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling popular pada saat itu adalah program word Processing spredsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada computer rumahan yang lebih canggih dan dapat deprogram.
            Pada tahun 1981, IMB memperkenelkan penggunaan personal computer (PC) untuk pengguna dirumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang melonjak  dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 PC digunakan. Computer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari computer yang berada diatas meja (desktop computer) menjadi computer yang dapat dimasukan kedalam tas (laptop), atau bahkan computer yang dapat digenggam (palmtop).
            IBM PC bersaing dengan Aplle Macintosh dalam emperebutkan pasar computer. Apple Macintosh menjadi terkenal karna mempopulerkan sistem  grafis pada komputernya, sementara saingan masih menggunakan berbasis teks. Machintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
            Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM Compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium I, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon,dsb. Ini semua masuk dalam computer generasi keempat.
            Seiring dengan menjamurnya penggunaan computer ditempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu computer kecil, computer-komputer tersebut dapat dihubungkana secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, imformasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainya. Jaringan computer memungkinkan computer tunggal untuk membentuk kerja sama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan digunakan pengkabalan langsung ( disebut juga Local Area Network.    atau LAN), atau kaberl telpon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
Generasi kelima
            Mendefinisikan computer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif computer generasi kelima adalah computer fiksi HAL 9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001 : Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari srebuah computer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
            Walaupun mungkin realisasi HAL9000 Masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi – fungs yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa computer dapat menerima intruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian dalam  menterjemahkan kata – kata secara langsung.
            Banyak kemajuan dibidang desain computer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan computer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan diganti dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU yang dapat bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi super koonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercapat informasi.
            Jepang adalah Negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek computer generasi kelima. Lembaga ICOT ( Institute For New Computer Technology )  juuga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun informasi lain bahwa keberhasilan proyek computer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigm komputerisasi di dunia.


2.2 Jenis – Jenis Komputer 
            Komputer telah merambah keberbagai sektor dalam kehidupan kita, tidak saja digunakan oleh orang kantoran, akademisi, spasi, anak – anakpun sudah terbiasa dengan computer ini. Secara sederhana, computer dapat kita definisikan sebagai prangkat elektronik yang menerima input  ( dapat berupa input dari keuybord, mouse, sidik jari, retina mata, dan lain-lain) kemudian diproses oleh procesornya dan ditampilkan melalui monitor atau dalam bentuk hardcopy ( printer ). Bayak sekali criteria yang melekat pada computer, berikut ini kita bahas 8 macam jenis computer.
PC atau  Personal computer
Sesuai dengan namanya personal computer, maka PC adalah computer yang ditujukan untuk pemakaian satu orang atau dimiliki secara pribadi. Sebelum PC ini muncul, computer dahuklunya berwujud sangat besar, sehingga hanya dimiliki oleh prusahaan tertentu saja. PC pertama bernama Altair yang diperoduksi ole MITS  pada tahun 1975.
1.    Computer Desktop
Yaitu computer yang dirancang untuk tidak dapat pindah – dipindahkan, atau khusus dirancang untuk diletakan disuatu tempat seperti diatas meja kerja. Computer ini sangat banyak beredar dipasaran, terutama dikalangan perguruan tinggi, kantor dan perusahaan.

2.    Laptop
Dahulu istilah laptop berbeda dengan notebook ditinjau darisegi ukuran, namun sekarang laptop atau notebook mengacu ke maksud yang sama, yaitu computer portable ( mudah dibawa – bawa ) yang terintegrasi langsung dengan monitor, keyboard, mouse pad/trackball, prosesor, hadrdisk, memory dan peripheral lainnya dengan ukuran yang kecil dan ringan. Kemampuannya bahkan melebihi computer desktop maupun PC.

3.    PDA, Personal Digital Assistants
PDA adalah computer canggih yang menggunakan flash memory sebagai pengganti media penyimpanan.PDA tidak memiliki keyboard, namun menggunakan technology layar sentuh (touchscreen) sebagai media input. PDA mempunya ukuran yang sangat kecil, sedikit diatas ukuran handphone dan dapat dengan mudah dibawa kemana – mana.

4.    Computer Workstation
Workstation sebenarnya adalah komuter desktop yang memiliki kelebihan utama dalam hal kemampuan prosesor, memory yang besar, dan kemampuannya dalam menjalankan aplikasi – aplikasi yang membutuhkan performa yang tinggi, seperti 3 dimensi, grafik, multimedia dan sebagainya.

5.    Computer Server
Server adalah computer diperuntukan untuk menyediakan layanan terhadap computer lainnya ( client ) dalam sebuah jaringan. Computer server memiliki prosesor yang powerfull, memory yang besar dan kapasitas harddisk yang lebih besar.



6.    Computer Mainframe
Adalah dengan ukuran besar yang mampu melayani ratusan program aflikasi secara bersamaan, mendukung puluhan bahasa pmograman yang berbeda, mampu menyimpan dan mengakses library rutin dengan kapasitas yang besar, mampu melayani ratusan transaksi secara bersaan, bahkan lebih kelebihan lainnya. Computer ini biasanya berfungsi sebagai pusat data pada prusahaan besar. Namun dengan perkembangan zaman, computer-komputer terbaru secara terhadsap akan mampu menyaingi kelebihan dari computer mainframe ini. Untuk ukuran yang sedang disebut dengan mini computer dan ukuran lebih kecil disebut dengan mikro computer.

7.    Wearable computer
Wearable computer adalah perkembangan terbaru dalam bidang computer, yaitu prangkat computer menyatu seperti layaknya layanan saja. Aplikasi – aplikasi yang biasa digunakan seperti email, database, multimedia, kalender terintegrasi langsung dengan jam tangan, handphone atau dalam bentuk lainnya. Sehingga perangkat computer sudah menytu dalam kehidupan kita sehari – hari.

2.3  Sejarah Internet
      Internet merupakan singkatan dari intercconected network. Internet adalah kemampuan yang terhubung satu sama yang lain dalam sebuah jaringan internet yang pada saat itu disebut dengan ARPANET, pertama kali online pada tahun 1969, pada tahun 1971 the network working group menyelesaikan protocol yang digunakan untuk mengakses sebuah computer dari jarak jauh. Pada tahun1972 RAY TOMLISON dari BBN menulis program yang dapat mengirimkan surat secara elektronik melalui ARPANET.
Pada Tahun 1990 ARPANET resmi di tutup, pada tahun 1993 di kembangkan aplikasi browsing yang di sebut mosak oleh MARA ADREESEN bersama timnya di National Centre Of Super Computing Applications (NCSA).  Internet pertama kali ditemukan di Amerika.

2.4 Alat-Alat service
Alat – alat service yang digunakan adalah
            2.1.1 Avometer
            2.1.2 Timah
            2.1.3 Solder
            2.1.4 Obeng
            2.1.5 Tang
            2.1.6 Hotair
            2.1.7 Penyedot timah
            2.1.8 Pembersih debu
            2.1.9 Arpus


BAB III
PENGERTIAN POWER SUPPLY

3.1  Pengertian powersupply dan motherboard
Power Supply dalam komponen elektronika adalah perangkat keras yang berfungsi menyuplai tegangan langsung ke dalam komponen komputer, seperti hardisk, motherboard, DVD Drive, kipas dan komponen komputer lainnya. Power supply merupakan jantung dari sebuah komputer, karena semua sumber daya listrik dari komponen komputer disupply dari power supply.
Power Supply sendiri berfungsi sebagai pengubah dari tegangan listrik AC (Alternating Current) menjadi tegangan (Direct Current), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply pada umumnya berupa kotak yang diletakan dibagian belakang atas casing. Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.
Daya power supply berkisar 150 watt sampai 350 watt. Untuk daya 150 watt sudah jarang dijumpai karena hanya digunakan untuk komputer yang sederhana tanpa banyak komponen tambahan. Sedangkan jika dalam sebuah komputer yang memiliki beberapa banyak komponen misal: CD-ROM, CD-RW, dan menggunakan banyak hard disk direkomendasikan menggunakan power supply 300 watt atau lebih besar.
Power Supply Komputer mempunyai banyak konektor yang terdiri dari konektor 20 pin ATX , konektor 24 pin ATX, konektor floppy, konektor Aux dan konektor SATA. Pengertian power supply perlu di lakukan perawatan, cara merawat power supply adalah dengan memperhatikan kelancaran fan pada power supply. Karena fan power supply yang mampu mengurangi panas.
Dibawah ini penjelasan tentang fungsi dari masing-masing konektor pengertian power supply :
1. Konektor 20 pin ATX
Konektor ini dihubungkan dari Power Supply (PSU) ke Mainboard, sebagai penyedia daya dari Power Supply ke Mainboard untuk di alirkan ke komponen-kompnen komputer lainnya.
2.    Konektor 24 pin ATX
Konektor ini sebenarnya berfungsi sama dengan Konektor 20 pin, yag membedakan hanya terdapat tambahan konektor 4 pin. Konektor 24 pin ATX biasanya ditemukan di komputer-komputer yang versi terbaru.
3.    Konektor floppy
Konektor ini berfungsi sebagai penyedia daya dari Power Supply menuju Floppy Drive.
4.    Molex Connector
IDE Konektor ini berfungsi sebagai pemasok dan penyedia catu daya dari pengertian Power Supply (PSU) menuju Harddisk maupun CD-ROM, ini merupakan konektor jenis lama.
5.    Konektor SATA
Konektor ini merupakan konektor yang mempunyai fungsi sama dengan konektor Molex, yang membedakannya ini merupakan konektor versi terbaru untuk Harddisk dan CD-ROM yang terbaru pula.


Fungsi PSU
Dalam komponen komputer sangat vital, karena power supply merupakan pembagi arus untuk semua perangkat khususnya motherboard. Power Supply berfungsi untuk mengubah tegangan dari arus AC menjadi tegangan DC, itu di karenakan hardware di dalam komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC.
Pengertian dari power supply adalah sebuah perangkat yang terdapat di dalam CPU yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan komputer. Fungsi power supply yang kurang baik/rusak dapat menghasilkan tegangan DC  yang tidak rata dan banyak riaknya (ripple). Jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama akan menyebabkan kerusakan pada komponen computer, misalnya Harddisk.
Cara kerja power supply tidaklah sesulit yang kita lihat, kita hanya cukup menekan tombol power pada casing, yang terjadi adalah power supply akan melakukan cek dan tes sebelum membiarkan sistem start. Jika tes telah sukses, power supply mengirim sinyal khusus pada motherboard, yang disebut power good.

Jenis konektor kabel power supply :
1.    Konektor 20/24 pin ATX Motherboard
2.    Konektor 4 pin peripheral power (untuk periferal seperti Hardisk, CD-ROM, Kipas)
3.    Konektor 4/8 pin 12V (untuk motherboard server)
4.    Konektor 6-pin PCIe (untuk kartu grafis jenis PCIe)
5.    Konektor floppy (untuk floppydisk drive)
6.    Konektor SATA (untuk hardisk / optical drive berjenis sata)
Jenis Power Supply terbagi menjadi 2 macam, yaitu power supply jenis AT dan power supply jenis ATX. Masing-masing dari power supply ini memiliki kegunaan dan fungsi power supply yang bermacam-macam.
Power supply AT merupakan power supply yang tombol ON/OFF terhubung langsung dengan tombol casing. Jika kita ingin menghidupkan atau mematikan komputer, kita harus menekan tombol power yang ada pada bagian depan casing. Power Supply AT memiliki kabel power yang dihubungkan ke motherboard terpisah menjadi dua konektor power (P8 dan P9). Fungsi power supply jenis ini hanya digunakan sebatas pada era komputer pentium II.
Power Supply ATX adalah jenis power supply jenis terbaru dan paling banyak digunakan saat ini. Perbedaan dari power supply jenis AT dan ATX yaitu pada tombol powernya  jika power supply AT menggunakan Switch dan ATX menggunakan tombol untuk mengirikan sinyal ke motherboard seperti tombol power pada keyboard.

3.2 Cara memperbaiki power supply
Cara Memperbaiki Power Supply adalah :
3.2.1    periksa kapasitor, jika kapasitor lemah atau cembung akan menyebabkan power supply tidak ngangkat ke motherboard atau ngerestar;
3.2.2    cara memperbaikinya ganti kapasitor dengan yang baru atau yang masih bagus;
3.2.3    power supply yang tidak mengangkat atau mati total, priksa mosfet atau transistor juga regulator.     
3.3       Cara Memperbaiki Motherboard
            Cara memperbaiki motherboard yang mati total adalah :
3.3.1    Cek power supply yang alurnya menuju motherboard apakah sudah terpasang dengan benar, jika benar berarti power supply jelek, jika power supply bagus berarti ada masalah dalam motherboard, cek kapasitor diode, mosfet, jangan lupa cek chipset pada motherboard apakah panas berlebihan jangan lupa juga cek  posisi jumper pada CIMOS, apakah posisinya normal atau clear.
3.3.2    Nyala ada suara beef : cek RAM bermasalah, VGA bermasalah, BIOS bermasalah, PROCESOR bermasalah, cek satu persatu tergantung suara beef nya.
3.3.3    Nyala tidak ada suara : permasalahan ada pada chipset, RAM tidak cocok atau procesor mati.

3.4 Hardisk
            Hardisk merupakan peralatan memory yang digunakan untuk menyimpan data berkapasitas besar, sehingga disebut juga secondary memory. Di samping itu, berfungsi juga sebagai pendukung computer pada pekerjaan primary memory
            Hardisk diperkenalkan tahun 1956 oleh IBM dengan nama 305 RAMAC, memiliki kapasitas memory 5 MB dengan ukuran fisik yang berat dan besar. Selanjutnya, jenisnya berevolusi sehingga memiliki kapasitas 10 MB, 290 MB, 450 MB, Dan 900MB. Dengan kecepatan processor dan memory RAM yan semakin tinggi, kapasitas dan kecepatan hardisk dituntut untuk lebih tinggi pula.
3.5       Jenis – jenis hardisk
            Jenis – jenis hardisk yaitu :
1.      HARDDISK TIPE IDE/P-ATA
Harddisk tipe IDE ( integrate advance device electronic ) atau disebu jaga dengan tipe P-ATA ( parallel advanced technology attachment ) menggunakan port IDE. Harddisk tipe ini mempunyai standar kecepatan transfer data sebesar 133 Nb perdetik.
2.      HARDDISK TIPE SATA
Harddisk tipe SATA ( seriall advanced technology attachment ) menggunakan port SATA. Harddisk tipe ini mempunyai setandar kecepatan data sebesar 150 Mb per detiknya.
3.      HARDDISK TIPE SCSI
Pada hardisk tipe CSSI ( small computer sistem interface ), ada penambahan kartu untuk controller pengolah data, yaitu kartu.
3.6  Monitor
Monitor merupakan peralatan output yang berfungsi menampilkan hasil proses yang dilakukan computer, yaitu berupa gambar teks dengan pola warna-warna yang ditampilkan pada suatu layar terdapat 2 jenis monitor yaitu:

3.6.1        Jenis CRT (Cathode Ray Tube)
Merupakan jenis yang paling dikenal. Bentuknya klasik dan table karena menggunakan tabung seperti pesawat TV biasa.
3.6.2        Monitor Jenis LCD (Liquid Crystal Display)
Monitor jenis ini bentuknya tipios dan tidak menggunakan tabung sehingga menghemat tempat. Namun, harganya masih sangat mahal.
3.7  Power Supply Unit
Computer membutuhkan sumber daya listrik yang cukup besar untukperangkat keras, seperti prcesor dengan kecepatan di atas 2 Ghz media optic CD-ROOM, CD Writer, DVD-ROOM, DVD Writer, hardisk di atas 40 GB, memori di atas 128 MB, grapihics card modem, dan soun card. Ileh karena itu, di perlukan power supply unit (SPU) dengan daya minimal 350 watt. Jika dayanya kurang akan terjadi kasus infinitive loop pada arus listrik. Misalmya, computer menjadi hang crash, atau restart dengan sendirinya. Oleh karena itu, jika daya PSU masih di bawah 3000 watt maka perlu meng-upgadenya dengan daya yang lebih tinggi.

3.8  Jenis Power Supply unit
Berdasarkan jenis operasinya, PSU dibagi menjadi dua bagian seperti berikut.
1.      PSU tipe AT, menggunakan peralatan-peralatan interface 12 pin
2.      PSU tipe ATX, menggunakan peralatan Interface 20 pin.
JENIS KABEL PSU ATX
No
Warna
Voltage Output
Ampere
1
Orange
3,3
12
2
Merah
5
20
3
Kuning
12
9
4
Ungu
5 sb
1
5
Putih
-5
0,5
6
Biru
-12
0,5
7
Hujau
PS-On

8
Abu-abu
P. Ground

9
Hitam
0


 JENIS KABEL PSU AT
No
Warna
Voltage
1
Orange
Power On
2
Merah
5 v DC
3
Kuning
12v DC
4
Biru
12 DC
5
Hitam
Ground
6
Hitam
Ground
7
Hitam
Ground
8
Hitam
5 v DC
9
Putih
5 v DC
10
Merah
5 v DC
11
Merah
5 v DC
12
Merah
5 v DC

Socket power supply AT. dan socket power supply ATX
1

Orange

Orange

11
1
Orange
2

Merah

Biru

12
2
Orange
3

Kuning

Hijau

13
3
Hitam
4

Biru

Hijau

14
4
Merah
5

Hitam

Hitam

15
5
Merah
6

Hitam

Hitam

16
6
Merah
7

Hitam

Hitam

17
7
Hitam
8

Hitam

Putih

18
8
Abu-abu
9

Putih

Merah

19
9
Ungu
10

Merah

Merah

20
20
Kuning
11

Merah






12

Merah









BAB IV
PENUTUP


4.1 Kesimpulan dan Saran
Berdasarkan pada uraian di atas, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
4.1.1 Kesimpulan
a.    Computer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data menmurut perintah yang telah dirumuskan.
b.    komputer dapat didevinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang dapat bekerja sama komponen satu dengan yang lainnya untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada
c.    Internet adalah singkatan dari Inter Conection Network
d.   Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi menyuplai tegangan langsung ke dalam komponen komputer, dan berfungsi sebagai pengubah dari tegangan listrik AC (Alternating Current) menjadi tegangan (Direct Current), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply pada umumnya berupa kotak yang diletakan dibagian belakang atas casing. Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.


4.2 Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas diberika saran sebagai berikut:
4.2.1        Saran Untuk Perusahaan
a.    Perlengkapan dan Sarana toko yang sudah ada hendaknya dipelihara dan dirawat serta digunakan sebaik-baiknya.
b.    Pertahankan kenyamanan dan kebersihan ruang kerja di lingkungan toko
c.    Tingkatkan Wawasan Sumber Daya Manusia
4.2.2 Saran Untuk Siswa
Diharapkan untuk pelaksanaan PKL pada tahun berikutnya, siswa mampu menerapkan apa yang telah didapat selama mengikuti Pralerin.
4.2.3 Saran Untuk Sekolah
a. Tingkatkan sarana dan prasarana
b. untuk pelaksanan prakerin tetap berlanjut.




           



 

GAMBAR POWER SUPPLY






















                                                                                                                                                       



 
DAFTAR PUSTAKA



http://iwansantosa.files.wordpress.com/2009/04/presentasi-sistemkomputer.


CARA MEMPERBAIKI POWER SUPPLY
DI TOKO FAMILY COMPUTER


LAPORAN PRAKTIK KERJA



Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu
Syarat Dalam Pelaksanaan Praktik Kerja
Industri (Prakerun) Pada Jurusan Teknik Elektro
Di Sekolah Menengah Kejuruan Al-pusaka












Oleh :
Great master
NISN :000000





SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL-PUSAKA
BIDANG KEAHLIAN ELEKTRONIK
KOPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO
2013







DAFTAR ISI

Halaman
Daftar Isi…………………………………………………………………. i
Kata Pengantar…………………………………………………………. iii
BAB I Pendahuluan………………………………………………………1
1.1  Latar Belakang………..……………………………………….2
1.2  Identifikasi Masalah…………..……………………………….2
1.3  Batasan Masalah………………………………………………2
1.4  Landasan  Masalah………….…………………………………2
1.5  Maksud dan Tujuan …………………………………………...3
1.6  Manfaat Praktik Kerja industri…..……………………………3
1.6.1 Bagi Siswa………………………………………………3
1.6.2 Bagi Sekolah……………………….……………………4
1.6.3 Bagi Perusahaan…………………………………………4
1.7  Metodeologi………………………….………………………4
1.7.1 Study Kepustakaan………………………………………4
1.7.2 Observasi………………………………………………...4
1.8  Sistematika Penulisan………………………………………..5
BAB II LANDASAN TEORI.......................................................................6
2.1 sejarah computer……………………………………………...6
2.2 Jenis-jenis computer…………………………..………………15
2.3 Sejarah Internet……………………………………………….17
2.4 Alat-alat Service………………………………………………18
BAB III Pengertian Power Supply................................................................19
IV
 
3.1 Pengertian Power Supply……………………………………..19
3.2 Cara Memperbaiki Power Supply…………………………….22
3.3 Cara Memperbaiki Moder board……………………………...23
3.4 Hardisk………………………………………………………..23
3.5 Jenis-jenis Hardisk……………………………………………23
3.6 Monitor………………………………………………………..24
3.7 Power Supply Unit……………………………………………25
3.8 Jenis Power Supply Unit………………………………………25
BAB IV Kesimpulan dan Saran…………………………………………..27
4.1 Kesimpulan…………………………………………………...27
4.2 Saran…………………………………………………………..28
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN





V
 




 

LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH


Pembimbing I



putra
pada tanggal       2012

Pembimbinng 2



hermawan





Mengetahui
Kepala sekolah SMK AL-PUSAKA



Hs. seeesssssssssssss, Sos.,S.Pd.I



 

MOTO



v  Jangan mudah putus asa dalam menghadapi tantangan
v  Berusaha untuk selalu ceria dan bahagia meskipun hati dan fikiran sedang diliputi kesedihan
v  Jangan pernah berhenti untuk bermimp karena suatu hari nanti mimpi itu akan jadi nyata dan membawamu ke gerbang kesuksesan


Kupersembahkan makalah ini untuk ayahanda dan ibunda tercinta yang telah memberikan kasih saying yang tulus padaku, Bapak Dan Ibu guru yang telah memberikan ilmu padaku serta teman-teman yang telah mendorong semua ini sampai selesai.



 

KATA PENGANTAR

Bismilahirohmanirohim

            Puji syukur penulis panjatkan kehadiat Allah SWT, bahwa atas karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan PRAKERIN yang berjudul “Cara Memperbaiki Power Supply”. Laporan ini diajukan untuk memenuhi salah satu syarat untuk memenuhi UJIAN KOPETENSI KEJUJURAN.
            Praktek kerja industri (prakerin) merupakan salah satu program pendidikan sistim ganda (PSG) dimana bagi sekolah menengah kejuruan (SMK) sudah menjadi keharusan agar terdapat kesesuaian antara institusi sekolah bagi lembaga pendidikan agar kebutuhan tenaga di dunia usaha/dunia industri (DU/DI) sebagai pasar kerja atau lapangan kerja yang berkualitas dan professional.
            Kami melaksanaka prakerin di FAMILY COMPUTER Jalan A. Yani no.238 LT.II Blok-C JAYA PLAZA dari tanggal 01 Oktober s.d. Desember 2012 sesuai jadwal yang disepakati antara pihak sekolah dengan perusahaan penerima peserta prakerin.
Tidak lupa penulis ucapkan terimakasih kepada semua rekan yang telah membantu baik moril maupun materil, semoga amal kita dibalas oleh Allah SWT dengan berlipat ganda. Amin.


i
 

 

Tidak sedikit kesulitan dan tantangan yang penulis hadapi selama menyelesaikan laporan ini, namun berkat bantuan, dorongan dan doa dari berbagai pihakb pada akhirnya laporan ini dapat diseleseaikan, untuk into penulis mengucapkan terimakasih kepada:
1.      Dedeng Saepul Malik, Sos.,S.Pd.I selaku Kepala Sekolah SMK AL-PUSAKA
2.      Irwan, S.Pd selaku Wali Kelas
3.      Roisudin
4.      Seluruh guru dan staf SMK Al-pusaka khususnya jurusan TAV yang telah memberikan ilmu dan wawasan kepada penulis selama masa pendidikan
5.      Lala Nurmala, S.Pd selaku Pembimbing I
6.      Lina Marlina, S.Pd selakku Pembibing 2
7.      Seluruh staf FAMILY Computer dan seluruh karyawan yang telah membantu untuk memberikan bimbingandalam melaksanakan PRAKERIN dengan baik
8.      Keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan mori dan meteril kepada penulis
9.      Rekan pelajar TAV yang secara langsung dan tidak langsung ikut membantu dalam menyelesaikan laporan ini.


ii
 

 

Akhir kata, semoga Allah SWT melimpahkan rahmat-Nya kepada semua pihak khususnya kepada penulis, dan penulis menerima kritik dan saran atas laporan ini dan semoga laporan ini akan bermanfaat bagi semua pihak yang memerlukan.


Subang,   Februari 2013


Penulis


iii
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar